Perbandingan masyarakat Kota dan Desa

Dalam masyarakat modern,sering dibedakan anatara masyarakat pedesaan dengan masyarakat pedesaan rural comunity,dan urban comunity. Perbedaan tersebut sebenarnya tidak mempunyai hubungan dengan pengertian masyarakat sederhana,karena dalam masyarakat modern,betapapun kecilnya suatu desa,pasti ada pengaruh-pengaruh dari kota.Sebaliknya pada masyarakat bersahaja,pengaruh dari kota secara relatif tidak ada.



A. Kehidupan Masyarakat Kota

Orang kota sudah memandang penggunaan kebutuhan hidup,sehubungan dengan masyarakat sekitarnya.Yang mempunyai ciri-ciri :

1) Kehidupan keagamaan berkurang bila dibandingkan dngan kehidupan agama di Desa.
2) Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain.
3) Pembagian kerja diantara warga kota juga lebih tegas dan punya batas-batas nyata.
4) Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan lebih banyak dari pada warga desa.
5) Jalan pikiran rasional yang prasional yang pada umumnya dianut masyarakat perkotaan.
6) Jalan kehidupan yang cepat di Kota,mengakibatkan pentingnya faktor waktu.
7) Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota,karena kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh luar.

Namun,kelemahan dari Kehidupan Kota pun dapat terlihat dengan berkurangnya lahan untuk pemukiman yang menyebabkan sempitnya dalam perkembangan kehidupan yang lebih baik.Baik dilihat dalm sisi kesehatan,masyarakat Kota lebih cenderung mengidap lebih banyak mengalami masalah kesehatan karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

B. Kehidupan Masyarakat Desa

Warga suatu masyarakat pedesaan mempunyai hubungan yang lebih erat dan lebih mendalam ketimbang hubungan mereka dengan warga masyarakat pedesaan lainnya.Sistem kehidupan biasanya berkelompok atas dasar sistem kekeluargaan.
Golongan orang-orang tua pada masyarakat pedasaan umunya memegang peranan penting. Orang akan selalu meminta nasehat kepada mereka apabila ada kesulitan-kesulitan yang dihadapi.Adapun keunggulan dari masyarakat desa ialah :

1) Tingkat kekentalan terhadap Agama lebih menonjol.
2) Sifat kekeluargaan yang bergotong-royong masih menjadi ciri khas yang relatif masih banyak ditemui.
3) Sikap sopan santun yang masih melekat pada setiap anggota masyarakatnya masih menjadi modal utama kehidupan masyarakat desa.
4) Kebiasaan adat istiadat yang selalu menjadi sumber dari kegiatan desa masih menjadi patokan dalam ritual kebudayaan.

Namun ada pula yang menjadi kekurangan dari desa yaitu sebagian yang terdapat dalam kelebihan masyarakat kota.

5 LM Blog: Perbandingan masyarakat Kota dan Desa Dalam masyarakat modern,sering dibedakan anatara masyarakat pedesaan dengan masyarakat pedesaan ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

< >